Wednesday, May 3, 2017

Bootloader untuk AVR dengan VUSB

Project kali ini adalah tentang Bootloader AVR dengan sarana VUSB untuk menjadi USB device.

Apa itu bootloader?
Bootloader adalah program aplikasi yang ditanamkan dalam mikrokontroller AVR sebagai program yang dapat mengisi flash (program) pada sektor aplikasi utama menggunakan sarana USB/ UART bukan melalui ISP.
Dengan kata lain, bootloader adalah program untuk mengisi program utama tanpa bantuan ISP Programmer lagi.
Bootloader akan tetap ada dan dapat digunakan sewaktu-waktu.
Bootloader akan hilang dengan sendirinya apabila anda memprogram USBBootAVR  anda menggunakan ISP programmer, kalau itu terjadi maka tinggal masukkan kembali program bootloader ke dalam USBBootAVR anda menggunakan ISP programmer dan USBBootAVR  anda akan siap bertugas kembali.

Sarana komunikasi yang digunakan adalah USB stack dari VUSB dengan driver libusb.dll.
Device akan dikenali sebagai "libusb-win32 devices" pada komputer windows setelah driver terinstall.

Penggunaan USBBootAVR device ini sangat mudah karena sudah saya buatkan software untuk mengisi program utama.
Adapun file untuk mengisi program utama adalah file hex yang dihasilkan oleh compiler anda, seperti pada saat anda mengisi program utama pada project anda.
Bedanya adalah anda tidak perlu menggunakan tambahan ISP Programmer lagi untuk mengisinya, melainkan langsung menghubungkan AVR anda ke komputer lewat USB dan mengisinya menggunakan software USBBootAVR .

Penampakan dari software USBBootAVR


Anda tinggal memilih type AVR anda lalu load file hex anda dan klik tombol program maka program utama akan terisi dan aplikasi utama akan langsung dijalankan.

Berikutnya akan saya jelaskan cara membuat AVR anda menjadi USBBootAVR device.
Tetap ikuti perkembangannya ya :]

1 comment:

  1. If you had financial problems, then it is time for you to smile. You only need to contact Mr. Benjamin  with the amount you wish to borrow at the low rate of 2% ROI and the payment period that suits you and you will have your loan  within three working days. I just benefited for the sixth time a loan of 700 thousand dollars for a period of 180 months with the possibility of paying before the expiration date. Mr Benjamin has been helping me with the loan.Make contact with him and you will see that he is a very honest man with a good heart.His email is  247officedept@gmail.com   and his WhatApp phone number is + 1-989-394-3740 .

    ReplyDelete